Perbedaan & Persamaan Social Media dan Social Network

Perbedaan Social Media dan Social Network

Perbedaan Social Media dan Social Network yaitu mereka merupakan sama – sama media yang menyampaikan informasi, namun dalam menyampaikan informasinya itu yang berbeda. Sebenarnya media sosial itu merupakan bagian dari media massa modern.

Seiring dengan populernya internet, kini pun mulai bermunculan media sosial. Dimana melalui media sosial ini, kita bisa terhubung dengan orang-orang hanya dengan menggunakan internet. Selain media sosial, kita juga mengenal istilah jejaring sosial. Lalu, apa perbedaan antara media sosial dengan jejaring sosial?




Persamaan Social Media dan Social Network

  1. Secara garis besar, media sosial dengan jejaring sosial itu memang sama yakni media untuk berinteraksi dengan banyak orang tanpa terhalang waktu dan jarak (tempat). Baik dengan media sosial maupun jejaring sosial, kita bisa berkomunikasi, mengirim pesan, maupun gambar ke orang yang jaraknya berbeda.
  2. Secara garis besar, sosial media dan jejaring sosial mengacu pada sistem yang sama yaitu media untuk terkoneksi dengan banyak orang tanpa terhalangi waktu dan tempat (jarak) dan berfungsi untuk berkomunikasi, berbagi sesuatu dan mengungkapkan pendapat secara online.
  3. Akan tetapi yang menjadi pembeda antara jejaring sosial dan sosial media terletak pada medianya. Sosial media atau media sosial atau dalam bahasa Inggris disebut social media adalah suatu media interaksi online yang meliputi blog, forum, aplikasi chatting sampai dengan jejaring sosial. 
  4. Sedangkan jejaring sosial sendiri lebih mengacu pada situs atau website yang digunakan sebagai tempat berkumpulnya banyak orang tanpa pembatasan dan memiliki jalur ikatan seperti keluarga, teman, rekan bisnis dan lain sebagainya.

Media sosial atau sosial media (social media-dalam bahasa Inggris) adalah suatu media untuk interaksi online (melalui internet) yang meliputi, blog, forum, aplikasi chatting, dan jejaring sosial. Sedangkan jejaring sosial adalah situs atau website yang digunakan untuk berkomunikasi banyak orang tanpa harus ada mengenal sebelumnya di dunia nyata. Ini yang menjadikan jejaring sosial sering dijadikan tempat untuk mencari kenalan baru atau jodoh. 

Dari penjelasan di atas, kita bisa mengambil kesimpulan bahwa media sosial itu adalah induknya jejaring sosial. Sementara jejaring sosial itu adalah cabang dari media sosial. Makanya, fungsinya hampir sama.
Contoh social media: blog, aplikasi chatting, dan jejaring sosia.
Contoh social network: Facebook, Twitter, Path, Tumblr, Pinterest, Instagram, dan lain sebagainya yang sejenis.

Saya Asep Saepul Milah direksi yang bertugas, dan seperti biasa terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Perbedaan & Persamaan Social Media dan Social Network"

Post a Comment