Penjelasan Manajemen Pemasaran (Marketing Management) Beserta Dengan Jenis-Jenis Produknya

Manajemen Pemasaran

Manajemen Pemasaran merupakan suatu seni dan ilmu di dalam pasar sasaran untuk menarik, menjaga, juga meningkatkan konsumen dengan menciptakan, mengkomunikasikan dan menghantarkan kualitas konsumen yang unggul (Kotler dan Keller, 2012:5).

Apa yang Dipasarkan?

  • Produk adalah apapun baik yang disukai maupun tidak disukai yang seseorang dapat dalam sebuah transaksi.
  • Produk dapat berupa benda, pelayanan atau ide.
  • Produk bisnis adalah produk yang digunakan untuk membuat produk atau layanan lain
  • Produk konsumen adalah produk yang dibeli untuk memenuhi keinginan seseorang.


  • Consumer product: Adalah sebuah produk yang digunakan oleh  konsumen tingkat akhir, jadi konsumen membeli lalu digunakan langsung sehingga tidak dijual kembali.
  • Business product: produk yang dibeli oleh suatu produsen yang digunakan sebagai bahan baku untuk proses produksi sehingga menghasilkan produk baru.
  • Convenience product: Barang-barang yang biasanya dibeli konsumen sering, cepat, dan dengan sedikit usaha. Konsumen tidak terlalu terlibat dalam upaya untuk membuat perbandingan merek. Contohnya: deterjen, makanan cepat saji, gula dan kopi.
  • Shopping product: produk konsumen yang biasanya dibandingkan dengan atribut-atribut seperti kualitas dan harga. Konsumen menghabiskan lebih banyak waktu dan upaya dalam mengumpulkan informasi dan membandingkan antar berbagai produk alternatif. 
  • Speciality product: Barang yang dianggap unik oleh konsumen dalam satu atau beberapa karakteristik, termasuk identifikasi merek. Untuk membelinya, sejumlah besar konsumen tersebut harus melakukan upaya khusus.
    Contohnya: mobil mewah, peralatan fotografi profesional dan mahal, pakaian desainer
  • Unsought product: Barang yang tidak diketahui konsumen atau barang yang biasanya tidak dipikirkan konsumen untuk dibeli. Sebagian besar inovasi baru tidak terpikirkan sampai konsumen menyadarinya.
    Contohnya: asuransi jiwa, Asuransi kecelakaan dan kesehatan.
Itulah penjelasan dari Manajemen Pemasaran atau Marketing Management beserta dengan jenis-jenis produk yang akan ditawarkan kepada konsumen. Semoga bisa bermanfaat.

Saya direksi yang bertugas, dan seperti biasa terima kasih.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Penjelasan Manajemen Pemasaran (Marketing Management) Beserta Dengan Jenis-Jenis Produknya"

Post a Comment